Ads

Makna yang Terkandung Pada Lambang Garuda Pancasila.




Garuda Pancasila merupakan sebuah lambang kebesaran bagi bangsa Indonesia. Pancasila sendiri dibentuk melalui serangkaian proses dan rintangan yang begitu kompleks oleh para tokoh-tokoh besar bangsa. Sudah sepantasnya sebagai penerus tongkat estafet kemerdekaan bangsa mengetahui sejarah tercetusnya landasan ideologi Bangsa Indonesia ini. Lanbang garuda pancasila dirancang oleh Sultan Hamid II dan disempurnakan oleh Bung Karno. Lambang ini diresmikan pada tanggal 11 Februari 1950. Dibawah ini merupakan makna dari lambang garuda pancasila tersebut.
Gambar



Sumber gambar : wikimedia.org

·          Garuda
1.       Burung bersejarah Garuda dipakai sebagai simbol negara dengan maksud melambangkan sebuah bangsa yang besar dan kuat.
2.       Warna emas pada bulu Garuda melambangkan keagungan, dan kejayaan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar.
3.       Jumlah bulu pada burung garuda juga menyimpan makna. Sayap garuda memiliki bulu berjumlah 17 melambangkan tanggal kemerdekaan Indonesia, pada ekor berjumlah 8 melambangkan bulan kemerdekaan indonesia, pada leher berjumlah 45 dan pangkal ekor berjumlah 19 yang melambangkan  tahun kemerdekaan.

·          Pita di cakar garuda
Pita putih bertuliskan “Bhineka Tunggal Ika” ini melambangkan arti yang cukup bermakna. “Bhineka Tunggal Ika” berasal dari kutipan kakawin sutasoma karya Mpu Tantular yang bermakna berbeda-beda tapi tetap satu . Semboyan ini melambangkan persatuam bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam suku dan budaya.




·          Perisai
1.       Perisai merupakan alat perang yang berfungsi menahan serangan. Pada lambang ini penggunaan perisai diartikan sebagai penahan gangguan apapun yang ingin memecah bangsa Indonesia. Perisai ini sendiri berisikan lambang-lambang sila pancasila sebagai senjata penahan perpecahan itu.
2.       Garis tebal di tengah melambangkan garis khatulistiwa.
3.       Warna merah putih melambnagkan bendera Indonesia

Dibawah ini merupakan penjelasan setiap lambang yang tedapat pada perisai garuda.



Sumber gambar : markijar.com

·          Sila 1
“Ketuhanan yang maha esa” dilambangkan dengan sebuah bintang emas melambangkan agama-agama besar di Indonesia seperti Islam, Kristen, Budha, Hindu, dan ideologi sekuler.



Sumber gambar : markijar.com

·          Sila 2
“Kemanusiaan yang adil dan beradab” dilambangkan dengan rantai yang tersusun atas gelang persegi dan bulat ini melambangkan sikap saling mengayomi antar manusia yang ada di Indonesia. Meskipun berbeda namun tetap saling membantu.



Sumber gambar : markijar.com

·          Sila 3
“Persatuan Indonesia” dilambangkan dengan pohon beringin. Pohon beringin sendiri merupakan pohon berakar tunggang, yakni berakar inti yang tumbuh kokoh menunjang pohon. Sama pula dengan Indonesia yang memiliki pancasila sebagai penunjang ideologi bangsa. Adapula akar-akar gantung melambangkan perbedaan yang ada di masyarakat Indonesia yang terkanal dengan beragam suku dan budaya.



Sumber gambar : markijar.com

·          Sila 4
“Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan atau perwakilan” dilambangkan dengan kepala banteng. Banteng atau lembu liar merupakan hewan sosial. Melambangkan sebuah kebijaksanaan dalam merundingkan sesuatu dan Saling bergotong royong dalam  hal kebaikan.



Sumber gambar : markijar.com

·          Sila 5
“Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” dilambangkan dengan padi dan kapas. Mencerminkan persamaan sosial atas kebutuhan pangan ( padi ) dan sandang ( kapas ).





SHARE

Author

Hi, Its me Hafeez. A webdesigner, blogspot developer and UI/UX Designer. I am a certified Themeforest top Author and Front-End Developer. I'am business speaker, marketer, Blogger and Javascript Programmer.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar